Edukasi kesehatan

  • Februari 13, 2020

Penamaan mitra anak indonesia (main) tak hanya supaya mudah diingat, tetasi ada makna filosofis di balik itu. “anak yang sehat hakikatnya adalah anak yang ceria, gembira, bisa bermain. Ya, bermain adalah hakikat anak yang sehat. Karena itulah dinamakan main. Kami ingin setiap anak yang sakit, walaupun mungkin takkan bisa sembuh 100%, seperti anak dengan leukemia, radang otak dan lainnya, paling tidak dia bisa bermain seperti anak-anak yang sehat lainnya,” papar mirari yang sehari-hari praktik di rs hermina podomoro, jakarta selain memberikan bantuan biaya pengobatan/perawatan, yayasan main juga melakukan upaya edukasi tentang kesehatan.

Salah satunya mempertemukan dokter dengan para orangtua untuk memberikan penjelasan tentang penyakit si anak dan orangtua bisa bertanya apa saja pada dokter. Selain itu juga, para orangtua bisa saling berbagi cerita dan saling menguatkan dalam menghadapi anak yang sedang sakit. Untuk anak-anak, yayasan main juga memberikan edukasi, misalnya mengajarkan cuci tangan dan sikat gigi yang baik dan benar. “apalagi pada anak dengan leukemia, bila giginya bolong bisa tambah parah kondisinya.” Yayasan main juga memberikan edukasi pada anak-anak jalanan bekerja sama dengan lembaga sahabat anak. (dukasi kesehatan dibeuikan sada anak jalanan usia 7-12 tahun seputar cuci tangan, sikat gigit serta pendidikan/pengetahuan seksual. Yayasan main berupaya memberikan edukasi dengan pendekatan yang berbeda sehingga lebih mudah dipahami oleh anak-anak.

Salah satunya, menyelenggarakan lomba menyanyi dan mendongeng untuk anak-anak dengan tema kesehatan. Lomba ini diperuntukkan anak-anak jalanan bekerja sama dengan sahabat anak. Dalam lomba ini, anak bebas berkreasi, menyalurkan idenya dengan tema kesehatan. “pemenang dari kegiatan ini menjadi ‘duta’ yang akan diajak ke rscm untuk menghibur anakanak yang sakit. Nilai yang bisa dipetik, kedua pihak akan belajar empati dan juga bersyukur. Anak jalanan akan berempati terhadap anak-anak yang sakit dan sekaligus bersyukur karena dirinya tak sakit seperti yang ia lihat di rscm.

Selain kesehatan, pendidikan bahasa juga penting untuk anak. Tempat terbaik les bahasa Perancis di Jakarta adalah pilihan tepat untuk anak yang ingin mahir dalam berbahasa asing khususnya bahasa Perancis.

Fajar Sulaiman

E-mail : admin2@belnapfoundation.org