Hapus File Gambar di WhatsApp dengan WCleaner

  • November 30, 2019

WhatsApp adalah salah satu aplikasi instant messenger yang populer di kalangan pengguna smartphone. Melalui aplikasi tersebut, Anda dapat berkomunikasi dengan banyak orang. Tentunya orang-orang tersebut sudah terdaftar di kontak perangkat Anda dan mereka juga pengguna WhatsApp. Keunggulannya, semua pesan, baik teks, gambar, audio, dan video bisa disimpan oleh aplikasi tersebut.

Jika Anda aktif menggunakan WhatsApp, media penyimpanan di perangkat Anda bisa cepat penuh. Ada baiknya, hapus pesan-pesan yang memakan banyak tempat, seperti gambar, audio, dan video. Untuk memudahkan Anda melakukan hal tersebut, Anda bisa menggunakan tool yang bernama WCleaner. Menariknya, melalui tool ini, Anda tidak hanya dapat menghapus gambar, audio, dan video satu per satu, tetapi juga dapat menghapus semuanya lewat satu tombol.

1. Sebagai contoh, untuk menghapus semua file gambar, Anda bisa menjalankan tool WCleaner ini lalu tap tombol yang disimbolkan dengan tempat sampah.

2. Konfirmasi proses penghapusan tersebut dengan men-tap tombol “OK”. Jika file gambar yang akan dihapus tidak besar, proses penghapusan akan berjalan sangat cepat. Untuk menghapus file lainnya, seperti file audio dan video bisa dilakukan dengan cara yang sama.

Pantau kondisi Lalu Lintas via Waze

Gunakan aplikasi Waze di smartphone Android Anda untuk memantau arus lalu lintas dari jalan yang akan dilewati. Menariknya, melalui aplikasi berbasiskan GPS ini, Anda juga bisa berkomunikasi dengan sesama pengguna Waze untuk bertanya atau menginformasikan kondisi lalu lintas yang ada. Caranya, tap salah satu rekan Anda lalu tap tombol “Map Chat”. Cara lainnya, Anda juga bisa mengakses menu “Map Chat” yang berada di dalam “Report” lalu lontarkan sebuah pesan. Untuk mengatur konfigurasi aplikasi ini, lakukan langkah berikut ini.

1. Masuk ke “Menu” lewat tombol yang terdapat di pojok kiri bawah.

2. Tap tombol “Setting”.

3. Di opsi “Setting” banyak yang dapat Anda atur, antara lain “Social Network” untuk mengintegrasikan aplikasi Waze dengan layanan jejaring sosial, seperti Facebook, Twitter, dan Foursquare. Anda juga bisa memanfaatkan Waze untuk menginformasikan lokasi keberadaan Anda. Untuk itu, Anda bisa men-tap tombol “Send” yang berada di dalam “Menu”. Selanjutnya, pilih opsi “Share Drive” atau “Send a Location”. Informasi tersebut bisa dikirim melalui SMS, e-mail, Facebook, atau layanan instant messenger lainnya. Untuk melihat laporan pengguna lainnya, Anda bisa tap “Menu | Report”.

Fajar Sulaiman

E-mail : admin2@belnapfoundation.org