Optimalisasi Fitur Bagian 1

  • April 12, 2019

Fitur berlimpah pada Mazda CX-5 kami optimalkan demi mencapai efisiensi maksimal. Hasilnya, tidak terlalu buruk untuk sebuah SUV bermesin 2.488 cc. Belajar dari pengalaman tahun lalu dimana jalan yang kami lalui banyak rusak, maka SUV Mazda CX-5 menjadi pilihan yang tepat.

Meskipun memang banyak yang mengeluhkan suspensinya tidak sebaik rivalnya, namun ground clearance tinggi menjadi faktor utama. Terlebih ketika liburan membawa banyak barang seperti koper dan tas ransel. Holiday Test Drive tahun ini kami singgah dahulu di ibu kota Jawa Tengah, Semarang sebelum menuju kampung halaman di Klaten dan Sragen.

Ruang bagasi yang luas menjadi keuntungan sehingga barang-barang yang kami bawa bisa semua masuk ke bagasi tanpa harus menaruh barang di bangku penumpang. Selama perjalanan ftur-ftur di Mazda CX-5 sangat membantu. Seperti Lane Keep Assist System (LAS) ketika melintas di tol Cipali dengan sigap peringatan berupa bunyi dan getaran terasa ketika kami berpindah jalur tanpa menggunakan sein. Berhubung kami melintas jalan tol Cipali pada malam hari dan lampu penerangan jalan masih minim, fitur blind spot monitoring (BSM) membantu kami sepanjang jalan.

Ketika hendak berpindah jalur dengan sigap peringatan bunyi dan lampu LED di spion menyala bila ada mobil melintas dari samping belakang. Waktu melintasi tol Cipali, kami merasakan kenyamanan dan stabilitas dari Mazda CX-5. Berisikan 4 orang di kabin termasuk pengemudi, ditambah koper dan barang-barang lainnya Mazda CX-5 terasa mantap ketika berakselerasi berkat mesin SKyACTiV 2.488 cc 4-silinder bertenaga 187 dk dan torsi 250 Nm.

Perpindahan gigi pun terasa halus berkat transmisi SKyACTiV-Drive 6-speed. Sempat terjebak macet ketika keluar tol Kanci-Pejagan, namun ftur i-Stop yang bekerja ketika pedal rem di injak membantu dalam meningkatkan efsiensi BBM. Terbukti setelah menempuh jarak lebih dari 600 km sampai ke Semarang, MiD Mazda CX-5 tercatat 6,8 liter/100 km atau sekitar 14,7 km/liter. Sesampainya di Semarang pukul 11.00 WiB langsung menuju hotel untuk beristirahat sejenak.

Fajar Sulaiman

E-mail : admin2@belnapfoundation.org