Tips Mudah Merawat Furniture Lemari Sudut Jati

  • September 12, 2019

Memiliki furniture berbahan kayu jati di rumah? Kayu jati memang sering dipilih dan digunakan sebagai bahan baku pembuatan furniture dengan berbagai macam model. Mewah, minimalis bisa dibuat menggunakan bahan kayu ini. Kayu jati yang terkenal dengan serat-serat alaminya yang kokoh dan kuat, menjadi bahan terfavorit dan paling populer di dunia meubel furniture. Seperti kursi tamu sudut, dipan kayu minimalis, dan juga lemari hiasan sudut banyak yang dibuat dengan bahan kayu ini. Mungkin anda juga memiliki salah satu di antaranya, atau mungkin anda justru pecinta furniture jati dan menggunakan semuanya. Sudah tahu belum bagaimana cara merawat furniture jati dengan baik dan benar? Jika belum, yuk ikuti cara-cara berikut:

  • Lapisi kayu dengan bahan vernish kayu jati memang sangat cocok dengan finishing natural, sebab dengan finishing tersebut mampu menjadikan bahan kayu jati tampak lebih indah. Terutama pada bagian serat-serat kayu alaminya yang akan semakin menonjol. Tapi, kayu jati juga butuh perlindungan, misalnya adalah dari air yang mudah sekali meresap pada kayu. Nahh menggunakan bahan pelapis vernish pada proses finishing lemari sudut kayu jati atau furniture jati lainnya adalah cara yang sangat kami anjurkan.
  • Penempatan furniture jati yang baik kayu jati rentan sekali terhadap kondisi yang terlalu ekstream, baik itu panas yang membuat minyak yang ada dalam kayu jati cepat kering, atau suhu dingin yang mengakibatkan kayu lebih mudah berjamur. Jadi, saat anda menggunakan furniture berbahan kayu jati, perhatikan dengan baik penempatannya agar lemari sudut jati milik anda awet.
  • Keindahan alami kayu jati banyak orang yang menggandrungi furniture jati sebab keindahan alami yang dimiliki oleh kayu tersebut. Terutama pada bagian serat laminya, oleh sebab itu menggunakan biopolish dengan cara mengoleskannya akan lebih baik.
  • Membersihkan noda lengket lemari sudut yang biasa diletakkan dipojok ruangan tentu akan sangat mudah terkena noda. Nahh, untuk noda lengket membandel anda perlu menyeka bagian lemari sudut yang ternoda tersebut menggunakan kain lap lembut yang terlebih dahulu sudah anda basahi dengan air hangat. Setelah itu, lap kembali bagian lemari sudut yang bernoda menggunakan lap kering hingga noda hilang.

Sangat mudah bukan? Tips tersebut tidak hanya berlaku untuk merawat lemari sudut saja loh, untuk furniture jati seperti kursi tamu sudut, meja makan minimalis dan perabotan lain juga bisa menggunakan cara di atas agar lebih awet. Selamat mencoba.

Fajar Sulaiman

E-mail : admin2@belnapfoundation.org